Email

hello@socioworks.co.id

Phone

SUB/BALI +62 878 5141 7460
JKT +62 81 212 5000 80

Headquarters

Ruko Dian Istana G11/15 Surabaya Barat 60226
Jakarta/Bali by appointment only

Selamat Datang, Tren 2020

Berkat kemajuan teknologi, di 2019 lalu telah lahir beragam fitur terbaru pada media sosial. IGTV di Instagram, Live Chat di Facebook, Topic di Twitter, dan Super Sticker di YouTube misalnya. Perkembangan fitur ini turut menyumbang trend media sosial terkini.

Apa saja tren itu, ambil alat tulismu dan catat info penting ini ya untuk mengembangkan media sosialmu.

Stories Tetap Menjadi Idola!

Photo by Josh Rose on Unsplash

Fitur stories pernah menjadi fitur eksklusif Snapchat. Namun, sejak Instagram ikut mencipatkan fitur Stories versinya, media sosial lain pun berlomba-lomba mengembangkan fitur ini. Stories yang hanya bisa dilihat selama 24 jam ini memanfaatkan perasaan FOMO (Fear of Missing Out alias perasaan takut ketinggalan) pengguna Instagram. Sebagai pemilik usaha, fitur yang satu ini bisa kita manfaatkan untuk mengadakan flash sale, membagikan cerita khas brand kita, ataupun meningkatkan engagement dengan followers.

Chatbot Siap Mempercepat Pekerjaan.

Photo by DISRUPTIVO on Unsplash

Algoritma yang semakin berkembang memberi dampak positif juga pada peningkatan kemampuan Chatbots untuk memahami apa yang dikatakan followers kepadanya.  Setelah memahami, Chatbots ini langsung mencari jawabannya melalui website sambil berbicara dengan beberapa followers pada waktu yang bersamaan!

Selamat Tinggal, Likes!

Photo by Kate Torline on Unsplash

Semenjak dianggap merugikan kesehatan mental pengguna, Instagram mulai melakukan penghapusan fitur Likes. Hilangnya fitur ini akan membuat kita sebagai marketers kesusahan menentukan keberhasilan kampanye yang dilakukan bersama influencers. Tapi, di sisi lain hilangnya fitur ini membuat kita menjadi lebih memperhatikan konten yang kita buat dan memaksimalkan kerja fitur lain seperti Instagram Ads, Comment, dan Save.

Halo Augmented Reality

Photo courtesy of Instagram

Perkembangan teknologi juga memacu peningkatan penggunaan augmented reality. Sederhananya, augmented reality adalah penambahan elemen digital pada postingan realitas. Contoh perkembangan augmented reality ini bisa kita nikmati di fitur foto pada Snapchat maupun Instagram. Dalam bisnis, augmented reality ini bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan pengalaman belanja pelanggan.

Dominasi Konten: Video

Photo by Hermes Rivera on Unsplash

Berdasarkan riset Cisco, 82% konten media sosial saat ini berupa video. Insight ini mengajarkan kita untuk mulai mengisi media sosial kita dengan postingan berformat video agar tetap bisa bertahan ke depannya. Tidak perlu bingung membuat yang terlalu panjang, mulailah dahulu dengan membuat video di Stories yang berdurasi hanya beberapa detik.

Dengan tren baru yang akan menggeser strategi konten media sosial yang lama, followers pun akan selalu menantikan kejutan pada sosial media kita. Jadi, yuk segera susun strategi baru yang efektif untuk mencapai goal kita di tahun 2020.

Sumber:

https://www.socialmediatoday.com/news/6-key-social-media-trends-to-watch-in-2020/568481/

https://influencermarketinghub.com/social-media-trends/